10 tujuan wisata danau di indonesia


bicara tentang ke indahan alam indonesia memang tidak ada habisnya,bukan  hanya pantai indonesia juga ternyata memiliki ke indahan danau yang dapat membuat terpesona melihatnya.berikut 10 danau terindah yang ada di indonesia :


1 Danau Labuan Cermin

Danau Labuan Cermin merupakan  danau yang terletak dikabupaten Berau, Desa Labuan Kelambu kalimantan timur ini memiliki air yang sangat jernih berwarna biru tua,putih,dan hijau. Danau ini  memiliki kedalaman 3 hingga meter, Danau ini juga memiliki paduan air tawar dan asin,untuk permukaan air akan terasa asin sementara didasarnya tawar,sankin jernihnya tempat ini sangat cocok untuk para wisata yang ingin berenang dan snorkling,karena danau ini terdapat batu - batu karang yang indah



2. Danau Paniai


Danau yang berada di kabupaten Paniai, Papua ini memiliki luas 14.500 Hektar terletak diwilayah pegunungan yang tinggi mencapai 1.700 mdpl (Meter diatas permukaan laut),suku asli danau ini adalah Suku Mee dan Suku Moni,danau ini juga dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi yang masih asri yang dapat menambah keindahan pemadangan sekitar,tidak hanya keindahan pesona pemandanganya.di danau anda juga dapat mejumpai ikan-ikan seperti belut,ikan pelangi, dan berbagai jenis ikan air tawar, Apabila anda beruntung anda juga dapat menemukan udang selingkuh yang merupakan hewan endemik di Papua. Di Danau Paniai ini, Anda juga bisa menyewa perahu dan memancing, Anda juga dapat menginap di rumah - rumah penduduk yang disewakan disekitar danau.


3. Danau Sentani


Danau terindah di indonesia yang satu ini terdapat dilereng pegunungan cagar alam Cycloops,pada ketinggian 75 MDPL(meter diatas permukaan Laut),Jaraknya lebih kurang sekitar 50 km dari jayapura,Danau ini disebut Danau santani,yang artinya "di sini kami tinggal dengan damai" danau ini juga diklaim sebagai danau terbesar di papua dan memiliki 21 buah pulau kecil dengan berbagai biota laut dan hewan endemik Papua,salah satnya adalah hiu gergaji,ikan gabus danau sentani,dan  ikan pelangi merah. Disini anda juga dapat melakukan beberapa aktivitas liburan seperti berenang,menyelam dan melakukan olahraga ski air, Penduduk sini setiap tahunnya melakukan keguatan festival danau sentani dengan diwarnai tari -tarian khas diatas perahu,tarian perang papua,upacara adat,dan kuliner khas papua.




4. Danau Maninjau


merupakan danau yang terletak dikecamatan Tanjung Raya,Kabupaten Agam,Sumatera Barat,Kurang lebih 140 Km sebalah utara kota padang. Danau ini memiliki luas sekitar 99,5 km2 dengan kedalaman 495 meter.danau ini menjadi sumber air bagi penduduk setempat,konon katanya menurut legenda setempat.cekungan danau ini terjadi akibat letusan gunung Sitinjau.selain itu Danau maninjau juga sering dihubungkan dengan cerita rakyat bujang sembilan.danau ini juga dikelilingi bukit-bukti yang tinggi dan indah. Suasana uang diliputi ketenangan dan kedamian bagi mereka yang berkunjung  ke sini. Untuk mencapai Danau Maninjau anda harus melewati jalan menurun yang berbelok - belok. Jumlah kelokannya ada 44 kelokan sehingga dinamai keloka 44 atau kelok ampek puluh menurut bahas minang.



5. Danau Poso


Danau yang satu ini terletak di Poso, Sulawesi Tengah memiliki keindahan yang unik. Di Danau Poso ini anda dapat menjumpai Hamparan pasir putih menyelimuti tepian danau. Pasir putih ini persis seperti yang biasa anda jumpai dipantai.Danau poso ini yang merupakan Danau ketiga terbesar di Indonesia ini memiliki panjang sekitar 32 km dan lebar 16 km sementara kedalamannya mencapai 195 meter. Di Danau ini anda dapat menyusuri keindahan danau Poso dengan perahu motor sembari melihat aktivitas harian masyarkat setempat seperti memancing,menjala ikan,dan budidaya ikan kermaba.tidak hanya itu anda juga dapat mengunjungi koservasi Anggrek terbesar di Indonesia yaitu Taman Wisata Alam Bancea


6. Danau Ranu Kumbolo


Merupakan sebuah gunung yang terletak dipegunungan Tengger,di kaki Gunung Semeru, Kabupaten Lumanjang, Jawa Timur. Danau ini terletak diketinggian 2.400 MDPL ( Meter diatas Permukaan Laut) dan menjadi sumber air bagi para pendaki gunung semeru yang sedang berkemah. Sungguh suatu pemandangan luar biasa tak kala air danau yang bening memantulkan sinar matahari pagi yang tebit disela-sela bukit hijau.pada sore hari, biasanya kabut putih akan menyelimuti wilayah ini. Untuk menjaga kelestarian Danau Ranu Kumbolo ini, Pengunjung dilarang untuk berenang di danau,mandi dengan sabun,sampo,atau bahan kimia lainnya,dilarang juga membuang aur besar atau kecil di danau atau pun membuang sampah sembarangan.






7. Danau Sagara Anak


Danau Sagara anak adalah danau yang terletak di desa sembalun lawang, Lombok, Nusa Tengara Barat, Sagara anak sendiri artinya adalah anak laut.Nama tersebut diberikan karena warna air danau tersebut biru bagai air laut.ditengah danau ini juga terdapat sebuah gunung  yang bernama gunung baru jari disekitar.disekitar gunung juga terdapat beberapa sumber mata air panas. Masyarakat setempat mempercayai bahwa sumber air panas ini dapat mengobati berbagai macam penyakit.para wisatawan dapat mencelupkan kaki mereka disumber mata air panas ini untuk menghilangkan lelah setelah menempuh perjalananyang dan medan yang cukup berat untuk mencapai danau segara anak. Selain itu, Parawisata juga dapat menginap disekitar Danau Sagara Anak.


8. Danau Toba


bukan hanya sebagai salah satu yang terindah,Danau toba pun diklaim merupakan danau yang terbesar di indonesia, bahkan terbesar di Asia Tengara. Danau yang terdapat di Sumatera Utara ini memiliki Panjang lebih kurang 100 Km,Lebar 30 km, dan kedalaman mencapai 450 meter, Ditengah-tengah danau terdapat sebuah pulau yaitu pulau samosir yang luasnya hampir sama dengan luas negara singapura. menurut catatan sejarah Danau ini terbentuk akibat adanya letusan gunung berapi sekitar 75.000 tahun yang lalu. Di danau toba anda dapat menikmati hamparan air yang jernih,pemandangan gunung-gunung yang indah dan hawa yang sejuk.


9. Danau Beratan


Danau Beratan terletak Di bedugul, Candikuning, Baturiti, Tabanan, Bali sekitar 70 km dari Bandara Ngurah Rai. Di  tengah - tengah danau ini terdapat sebuah pura yang bernama Pura ulun danu. Pura Ulun danu ini merupaka tempat pemujaan bagi Sang Hyang Dewi Danu yang adalah dewa pemberi kesuburan. Anda dapat menyewa perahu untuk mencapai Pura Ulun Danu ini, Suasana disekitar danau beratan ini sungguh sejuk dan asri dengan pepohonan yang tumbuh subur dan lebat.karena terletak didataran tinggi, kabut pun kadang menyelimuti danau ini,untuk mencapai tempat ini anda dapat berkendara dari arah kota denpasar ke arah kabupaten tabanan dengan kabupaten singaraja.rambu-rambu penunjuk arah yang cukup jelas tak sulit menemukannya.




10. Danau Singkarak


Merupakan danau terluas kedua setelah danau toba. Danau ini berada dikabupaten solok, Sumatera Barat. Danau yang memiliki luas 107,8 m2 dan terletak di ketinggian 36,5 MDPL (meter diatas permukaan laut) ini terletak diantara dua kabupaten, Yaitu kabupaten solok dan kabupaten tanah datar. Konon danau yang merupakan hulu sungai Batang ombilin ini dulunya merupakan lautan luas selain terkenal karena indahnya, Danau singkarak juga terkenal dengan ikan bilih-nya ikan bilih merupakan spesies ikan yang hanya terdapat di Danau Singkarak. Bahkan ikan ini tidak dapat hidup ditempat lain selain di Danau singkarak. Anda dapat menikmati keindahan danau singkarak dengan menaiki sampan, Perahu Motor, Atau pun becak danau. Di danau singkarak ini pun kerapa diadakan lombah dayung.


inilah 10 danau terindah di indonesia. Tentu saja masih ada danau-danau lain yang juga indah dinergeri tercinta kita ini. mari kita pun menjaga kelesatarian dan keindahan danau-danau ini dengan tidak mencemari atau mengotorinya.
10 tujuan wisata danau di indonesia 10 tujuan wisata danau di indonesia Reviewed by Unknown on 00.22 Rating: 5