10 tempat wisata yang ada dijogja




Kota Yogyakarta adalah kediaman bagi Sultan Hamengkubawana dan Adipati Paku Alam atau kota para raja-raja. tidak hanya itu Kota Yogyakarta merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia dan kota terbesar ketiga di wilayah Pulau Jawa bagian selatan setelah Bandung dan Malang,jogja sendiri ternyata memiliki sebutannya selain kota para raja-raja yaitu kota seniman,karena kota ini sangat menjunjung tinggi kebudayaan,tidak hanya itu jogja juga memiliki banyak tempat hiburan menarik yang sayang untuk dilewatkan.berikut 10 tempat wisata yang ada dijogja.



1. Candi Prambanan
Candi Prambanan

Candi Prambanan merupakan salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang wajib dikunjungi karena Candi Prambanan merupakan kompleks candi Hindu yang terbesar di Indonesia. Selain itu, Candi Prambanan juga dihiasi relief yang diukir mengelilingi candi dan menceritakan kisah Ramayana dan Krishnayana. Candi Prambanan berlokasi sektiar 17 KM dari pusat kota Yogyakarta. Apabila anda tidak membawa kendaraan pribadi, untuk mencapai Candi Prambanan anda cukup menggunakan bus dan turun di halte Prambanan. .




2. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis


Pantai Parangtritis adalah pantai yang paling terkenal di Yogyakarta, sehingga Pantai Parangtritis layak disebut sebagai salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang wajib dikunjungi. Berlokasi sekitar 25 KM di selatan pusat kota Yogyakarta, Pantai Parangtritis adalah pantai yang berada di tepi Samudra Hindia sehingga mempunyai karakteristik ombak dan arus yang cukup besar dan kuat. Keunikan dari Pantai Parangtritis adalah adanya bukit pasir yang disebut gumuk di sekitar pantai. Apabila anda ingin suatu pengalaman yang berbeda, anda dapat mencoba bermain paralayang di Bukit Parangndog, Pantai Parangtritis.



3. Jalan Malioboro
Jalan Malioboro
Tempat ini mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga para pelancong yang hobby kulliner dan shopping malioboro merupakan nama sebuah jalan di Yogyakarta. Jalan Malioboro ini sangatlah terkenal dan sudah menjadi salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang wajib dikunjungi, bahkan untuk berfoto di penanda Jalan Malioboro saja kita sering kali harus mengantri terlebih dahulu. Nama Jalan Malioboro ini berasal dari bahasa Sansekerta dan mempunyai arti karangan bunga. Apa yang membuat Jalan Malioboro begitu terkenal?

Jalan Malioboro menawarkan pengalaman wisata belanja dan wisata kuliner yang tak ada habisnya. Pada siang hari, di sepanjang Jalan Malioboro anda akan menemukan banyak sekali penjual pakaian, tas, sandal, gantungan kunci, kerajinan tangan  beberapa aksesoris bermotif batik dan barang-barang unik lainnya yang dapat dibeli dengan harga murah. Sedangkan pada malam hari, anda akan menemukan banyak sekali penjual makanan lesehan khas Yogyakarta di sepanjang Jalan Malioboro.

Hal yang disukai di Jalan Malioboro adalah adanya beberapa orang yang berpakaian unik, misalnya berpakaian seperti prajurit, pocong, zombie, dan lain-lain. Kita dapat berfoto dengan mereka dengan biaya sukarela.



4. Goa Jomblang
Goa Jomblang

Goa Jomblang adalah sebuah goa wisata yang berlokasi di Gunung Kidul, Yogyakarta. Goa Jomblang merupakan goa vertikal yang mempunyai sebuah hutan purba di dalamnya. Selain itu, apabila anda datang ke Goa Jomblang pada jam 10 sampai dengan jam 12 siang, anda akan dapat melihat cahaya menembus goa yang sering disebut sebagai cahaya surga. Keindahan dan keunikan Goa Jomblang membuatnya menjadi salah satu tempat tujuan wisata di Yogyakarta yang wajib dikunjungi.


5. Candi Borobudur
Candi Borobudur


Candi Borobudur yang berlokasi di Magelang adalah salah satu primadona wisata di sekitar Yogyakarta. Terkenal hingga ke berbagai belahan dunia, Candi Borobudur merupakan sebuah candi Buddha yang paling besar di dunia. Berlokasi sekitar 40 KM dari Yogyakarta, Candi Borobudur saat ini masih dikunjungi bikhu yang berziarah karena Candi Borobudur adalah sebuah monumen model dari alam semesta yang merupakan tempat suci. Untuk dapat masuk ke area Candi Borobudur, anda diharuskan menggunakan sarung yang akan dipinjamkan di pintu masuk Candi Borobudur. Candi Borobudur merupakan candi yang mempunyai relief dan patung Buddha terbanyak di dunia. Walaupun bukan berada di Jogja, Candi Borobudur selalu didatangi oleh wisatawan yang berkunjung ke Jogja.


6. Desa Wisata Kalibiru

Desa Wisata Kalibiru


Salah satu tempat wisata alam di Jogja yang sedang naik daun adalah Kalibiru di Bukit Menoreh, Kulonprogo, sebelah barat Yogyakarta. Desa Wisata Kalibiru juga terkenal dengan pemandangan dari ketinggian yang indah. Mulai dari pemandangan Waduk Sermo hingga flying fox di atas bukit. Tak kalah cantik dengan Tebing Keraton di Bandung.
Satu yang wajib dilakukan adalah berfoto di sebuah pohon tempat flying fox. Sebuah latar datar seluas 1 meter dibuat untuk tempat flying fox. Karena berada di ketinggian, pemandangan yang tersaji pun luar biasa. biasanya  para wisatawan berfoto dan mengambil spot yang bagus


7. Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg


Tempat wisata lain di Jogja yang bisa kamu kunjung yang lokasinya dekat dengan Malioboro adalah Benteng Vredeburg. Nama tempat ini mungkin juga sudah sering kamu dengar. Dengan bangunan khasnya yang bercat putih, Benteng Vredeburg seperti menjadi saksi tentang berbagai peristiwa sejarah yang terjadi di masa lalu. Mengunjungi tempat ini kamu tak hanya akan mendapatkan pengalaman wisata, namun juga merasakan sejarah yang cukup kuat

Seperti di Kraton, di Benteng Vredeburg ini juga terdapat sebuah museum dan ruang diorama. Museum serta diorama yang ada disini menceritakan tentang sejarah bangsa Indonesia. Sebagaimana kita tahu, keistimewaan Jogja tak pernah lepas dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia di masa lalu




8. Istana Ratu Bokor
Istana Ratu Bokor


sekitar 2 km ke arah timur candi Prambanan terdapat bangunan bersejarah yang dapat anda kunjungi. tempat tersebut adalah istana Ratu Bokor,tempat ini sangat terkenal sebagai tempat untuk menikmati suasana sunset.Lokasi kompleks istana Ratu bokor sendiri berada diatas sebuah bukit sehingga pemandangannya sangat cocok untuk para wisatawan yang ingin melihat sunset.


Untuk masuk kelokasi Istana Ratu Bokor ini pengunjung wajib memberikan tiket masuk,harga tiket tersebut juga bervariasi,ada reguler dan sunset untuk paket sunset berlaku mulai dari jam 3 sore jadi sekedar info bagi para wisatawan yang ingin melihat sunset dengan harga murah maka datanglah lebih awal untuk mengantri.


9. Wisata Merapi
Wisata Merapi

Sulit untuk menentukan pilihan antara pantai-pantai di Gunung Kidul atau Wisata Merapi.
Di pantai-pantai di Gunung Kidul kita dapat merasakan suasana pantai yang benar-benar cantik luar biasa — yang hampir semuanya memiliki pasir putih. Sedangkan Gunung Merapi sebagaimana kita tahu adalah gunung yang sangat penting bagi Jogja sehingga mengunjunginya akan semakin melengkapi acara jalan-jalan ke Jogja

Untuk menikmati suasana Gunung Merapi kita tidak harus trekking ke puncak, ada tempat menarik untuk menikmati pemandangan Gunung Merapi sambil naik mobil 4WD. Tempat tersebut berada di kawasan Kaliurang. Sedangkan jika kamu ingin menikmati suasana pantai yang sepi layaknya pantai-pantai di Indonesia Timur, kamu bisa mengunjungi salah satu pantai di Gunung Kidul. So, biar kamu sendiri yang memilih untuk tempat ke-10 ini



10. Kraton Jogja
 Kraton Jogja

Perjalanan liburan ke Jogja tentu akan sangat kurang lengkap kalau tidak berkunjung apa yang menjadi identitas Jogja. Yap, Kraton Kesultanan. Tempat ini adalah salah satu tempat yang wajib dikunjungi saat jalan-jalan ke Jogja. Jika fisikmu cukup kuat, kamu bisa berjalan kaki dari Malioboro ke Kraton melewati alun-alun. Lokasi Kraton Jogja berada satu garis lurus dengan Jl. Malioboro

Objek wisata yang bisa dikunjungi di Kraton adalah museum serta pendopo. Di pendopo kraton, suasana Jawanya sangat terasa dengan bangunan berupa rumah joglo. Sedangkan di museum, kita bisa melihat benda-benda koleksi yang berhubungan dengan Kraton Kasunanan serta kebudayaan Jawa secara umum. Disini kamu sekaligus bisa belajar sejarah kraton serta kebudayaan Jawa

10 tempat wisata yang ada dijogja 10 tempat wisata yang ada dijogja Reviewed by Unknown on 06.05 Rating: 5