10 tempat wisata di jakarta


jakarta merupakan ibukota negara indonesia, karena jakarta adalah satu-satunya kota di indonesia yang memiliki status setingkat provinsi,tidak hanya itu jakarta juga dikenal dengan kota metropolitan terbesar di indonesia dan menjadi ke dua di dunia. karena jakarta memiliki biaya hidup termahal di indonesia.namun dibalik itu ibukota negara ini masih menyimpan pesona sendiri.jakarta memiliki wisata menarik yang wajib anda kunjungi.berikut 10 wisata dijakarta yang wajib anda kunjungi


1. Monas ( Monumen Nasional )

icon jakarta yang satu ini sangat tekenal dengan lidah api yang dilapisin emas sebagai symbol semangat bangsa indonesia yang dibangun menjulang setinggi 132 meter untuk mengenang para perjuang rakyat indonesia untuk merebut kemerdekaan dari pemerintah belanda,kabarnya monas juga merupakan bangunan tertinggi dijakarta.monas ini terletak ditengah lapangan merdeka jakarta pusat. monumen nasional ini dibuka setia hari pukul 08.00 - 15.00 WIB.



2. masjid istqlal


Jika kamu jalan ke monas maka Tak jauh dari Monas, terdapat Masjid Istiqlal yang merupakan masjid terbesar di kawasan Asia Tenggara. Masjid ini memiliki total luas bangunan sekitar 2,5 hektar dan secara keseluruhan mampu menampung sekitar 200.000 orang jamaah. Masjid ini merupakan salah satu proyek besar Bung Karno yang memakan waktu pembangunan kurang lebih 17 tahun karena situasi politik yang terjadi di masa itu.

Masjid terdiri dari lima lantai yang disesuaikan dengan jumlah Rukun Islam. Tak hanya jumlah lantai, beberapa konstruksi lainnya juga dibuat sesuai dengan nilai dan sejarah Islam, seperti tiang penyanggah kubah yang berjumlah 12 sesuai dengan tanggal kelahiran Nabi Muhammad SAW. Banyaknya seni kaligrafi yang menghiasinya membuat Masjid Istiqlal terlihat semakin megah dan cantik.Setiap pelaksanaan sholat Idul Fitri dan Idul Adha, Masjid Istiqlal dipenuhi oleh jamaah yang datang dari Jakarta dan sekitarnya.


3. Kota Tua 


Kota Tua sebelumnya dikenal dengan nama Batavia Lama atau Oud Batavia. Tempat wisata di Jakarta ini sangat luas dan melingkupi wilayah Jakarta dari utara ke barat. Keberadaan Pelabuhan Sunda Kelapa saat itu menjadi awal pemerintahan Hindia Belanda memutuskan kawasan ini dijadikan pusat pemerintahan pada masa itu




4. Museum Bank Indonesia


Museum Bank Indonesia terletak di Jalan Pintu Besar Utara 4, Kota, Jakarta Barat. Lokasi museum ini tak jauh dari kawasan Museum Fatahillah. Museum ini diresmikan pada 21 Juli 2009.

Apa menariknya Museum Bank Indonesia? Museum Bank Indonesia bisa dibilang sebagai salah satu museum termodern di Indonesia saat ini. Museum ini memamerkan banyak koleksi disertai alat peraga canggih dan berteknologi tinggi. Salah satu yang menarik adalah Ruang Transisi. Di sini, terdapat hologram uang koin terbang interkatif yang menarik. Jika Anda menangkap satu koin, maka akan muncul informasi mengenai koin tersebut.

Selain itu, masih terdapat banyak ruangan lain yang tak kalah menarik. Kebanyakan ruangan telah menggunakan teknologi audio visual sehingga dapat membantu pengunjung untuk lebih mudah belajar sejarah.

5. Grand Indonesia Shopping Town


 merupakan salah satu mal terbesar di Jakarta yang terletak di kawasan MH Thamrin. Mal ini berada satu kompleks dengan hotel, apartemen dan gedung perkantoran yang dikelola oleh pengembang yang sama yaitu Kempinski.

Terdiri dari dua bagunan utama yaitu East Mall dan West Mall, Grand Indonesia Shopping Town memiliki ratusan jumlah tenant. Tenant-tenant ini menyediakan berbaga kebutuhan Anda mulai dari fashion, kuliner sampai hiburan





6. Taman Impian Jaya Acol 


Taman Impian Jaya Ancol merupakan taman rekreasi terbesar di kawasan Jakarta Utara. Tempat wisata ini terbagi menjadi banyak zona seperti beberapa pantai pribadi, Dunia Fantasi, Gelanggang Samudera, Atlantis dan Ocean Ecopark. Waktu sehari akan terasa kurang jika Anda ingin menikmati setiap wahana yang ada.

Satu lagi yang menarik di sini adalah adanya Pasar Seni yang menyedot cukup banyak pengunjung. Pasar Seni menjadi tempat yang tepat bagi Anda pecinta seni. Di sini, Anda bisa membeli beragam kerajinan tangan sampai ikut belajar mellukis, membatik dan membuat tembikar dari tanah liat. Menyenangkan, ya?

Taman Impian Jaya Ancol merupakan paket wisata lengkap yang menarik untuk Anda kunjungi bersama keluarga. Tersedia tempat wisata kuliner dan juga penginapan yang membuat urusan akomodasi Anda selama berlibur di Jakarta menjadi lebih mudah.

7. Taman Mini Indonesia Indah

Ingin berkeliling Indonesia namun terkendala biaya dan waktu? Tenang, selagi menunggu tabungan terkumpul dan pengajuan cuti dari kantor disetujui, datang saja ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Inilah miniatur Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Anda bisa lebih mengenal Indonesia dari tempat wisata ini. Di TMII, terdapat sebuah danau dengan pulau buatan yang bentuknya dibuat menyerupai pulau-pulau di Indonesia. Selain itu, terdapat anjungan 34 provinsi yang menyediakan berbagai informasi mengenai adat dan budaya masing-masing, mulai dari kuliner, pakaian adat sampai rumah tradisional.

Tak hanya mengenalkan budaya negeri sendiri, tempat wisata yang digagas oleh Ibu Tien Soeharto ini juga memiliki banyak museum dan juga panggung teater. Berwisata di TMII, Anda seolah telah menjelajah seluruh negeri.

8. Taman Wisata Alam Angke Kapuk

Jakarta ternyata masih memiliki area hijau yang menarik untuk dikunjungi. Taman Wisata Alam Angke Kapuk atau yang biasa disebut juga dengan Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk juga terletak di kawasan Jakarta Utara. Tempat wisata ini cocok bagi Anda yang merasa penat dengan kesibukan kota Jakarta.

Taman Wisata Alam Angke Kapuk berukuran sangat luas dengan udara sejuk dan asri karena rimbunnya pephonan. Ada banyak sekali kegiatan yang bisa Anda lakukan di sini, mulai dari naik kano, trekking hutan sampai berburu objek fotografi. Satu lagi yang menarik adalah Anda juga bisa menyumbang sejumlah dana untuk ditukar dengan bibit mangrove dan Anda sendiri yang menanamnya. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi petugas di tempat.

9. Kampung Betawi Setu Babakan


Kampung Betawi merupakan kawasan Setu Babakan dan sekitarnya yang dijadikan tempat wisata budaya untuk lebih mengenal etnis Betawi. Perkampungan ini terletak di Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan.


Anda bisa belajar lebih mengenal etnis Betawi mulai dari rumah adat, pakaian tradisional sampai mencicipi kerak telor yang merupakan kuliner khasnya. Yang lebih menarik lagi, Anda bisa menyewa sepeda untuk berkeliling kampung atau memancing d Setu Babakan.


10. Kepulauan Seribu


Yang terakhir bukan berarti tak menarik. Justru inilah kawasan wisata si Jakarta yang haram hukumnya jika Anda lewatkan begitu saja, ya, Kepulauan Seribu. Kepulauan ini berada di laut lepas Jakarta. Berada di sini, Anda akan lupa waktu dan tak ingin beranjak pulang. Beberapa pulau yang populer di antaranya adalah Pulau Pari, Pulau Tidung dan Pulau Bidadari.

Beragam kegiatan dapat Anda lakukan di sini. Bagi penyuka kegiatan air, silakan puaskan diri Anda dengan menyelam dan snorkeling. Penggemar kuliner khas laut juga bisa menyantap aneka sajian berbahan seafood mulai dari udang, cumi, kepiting dan udang.
10 tempat wisata di jakarta 10 tempat wisata di jakarta Reviewed by Unknown on 04.12 Rating: 5