10 Tempat Wisata Terindah Di Bangka Belitung



bangka belitung merupakan provinsi yang berada di sumatera yang memiliki 470 pulau. Sehingga tak jarang banyak sekali pantai yang mendominasi wisata di bangka belitung.nama bangka belitung sendiri adalah gabungan antara 2 buah pulau yaitu pulau bangka dan belitung.


konon katanya jika wisatawan berkunjung ke pulau bangka belitung ini bakal ketagian, Karena pulau tersebut sangat terkenal dengan indahnya pesona pantai dan pemandangan alamnya.berikut 10 wisata paling indah di bangka belitung.


1. Gunung Menumbing


Gunung Menumbing adalah tempat dimana Bung Karno dan Bung Hatta diasingkan pada tahun 1948-1949 oleh Belanda. Gunung ini berada di daerah Mentok dengan ketinggian 355 meter di atas permukaan laut. Saat berkunjung ke Gunung Menumbing, terdapat wisma yang dijadikan tempat Proklamator RI diasingkan. Sekarang ini wisma tersebut dujaga oleh keluarga Abdi Dalem Keraton Yogyakarta yang memiliki kewajiban untuk menjaga wisma tersebut.



2. Pantai Parai Tenggiri

Memiliki jarak sekitar 40 km dari ibukota Pangkal Pinang. Pantai Parai Tenggiri merupakan pantai yang dinobatkan paling indah di Bangka Belitung, karena memiliki karakter ombak  lembut serta permukaan pantai yang landai.

Panorama pantai yang indah tersebut, anda bisa menikmatinya dengan ketinggian bebatuan granit tersebut. Pantai Parai Tenggiri adalah pantai yang berdekatan dengan Laut Cina Selatan. Sehingga saat berkunjung ke sana, anda bisa melihat keganasan dari ombak Laut China Selatan tersebut. Maka tak jarang jika wisata wan asing merasa betah ketika berkunjung ke tempat wisata di bangka Belitung paling populer ini.

3. Pulau Memperak

Pulau Memperak adalah salah satu tempat wisata di Bangka Belitung yang memiliki panorama keindahan tak kalah dengan berbagai wisata lainnya. Pulau Memperak berada di Kabupaten Belitung Timur dengan menawarkan keindahan air laut biru kehijauan yang bersih dan memukau. Indahnya Pulau Merak tersebut khusus pada bawah laut tak bisa di anggap remeh karena menawarkan berbagai keindahan flora dan fauna yang menghuninya. Sehingga pulau tersebut, sangat cocok untuk dijadikan arena snorking di Bangka Belitung.





4. Pantai Tikus

Pantai Tikus adalah tempat wisata di Bangka Belitung yang terkenal, karena pantai tersebut tergolong masih alami dan terjaga keasriannya. Keindah dan kenyamanan panorama pantai ini bisa dinikmati dengan menaiki melalui bukit terjal dengan bebatuan granit yang berwarna air laut.

Di puncak bukit tersebut, anda akan menyaksikan kuil tempat peribadatan dengan bangunan cukup megah yang berbalut dengan keindahan alam luar biasa. Salah satu ciri khusus yang dimiliki oleh Pantai Tikus adalah beradanya berbagai kelenteng yang menambah keindahan dari pantai tersebut.

5. Pantai Penyusuk

Pantai Penyusuk adalah tempat wisata di Bangka Belitung yang berlokasi di Bangka bagian utara. Di pantai ini, anda akan menemui batu granit seperti membentuk ceruk di pantai ini. Nilai tambah yang dimiliki oleh pantai tersebut adalah keberadaan dari pepohanan hijau yang tumbuh dipesisir dari pantai tersebut.



Pantai penyusuk ini merupak objek wisata di Bangka Belitung cukup populer di masyarakat Bangka, karena memiliki ombak laut yang tenang. Oleh karena itu, berenang dan bermain air adalah kegiatan yang sering dilakukan oleh wisatawan asing maupun lokal. Anda juga bisa menyewa perahu atau boat menuju Pulau Lampu yang memegang fungsi sebagai mercusuar.

6. Pantai Pasir Padi

Pantai yang memiliki jarak sekitar 7 km dari Pangkal Pinang tersebut mempunyai pasir yang menyerupai bulir padi. Sehingga tak jarang pantai tersebut dikenal sebagai Pasir Padi. Karena harga masuknya yang lengkap, tempat wisata di Bangka Belitung tersebut menjadi primadona. Karena selain harga tiket masuk yang murah, pantai Pasir Padi memiliki berbagai keindahan alam yang sangat bagus.






7. Pulau Lengkuas

Pulau Lengkuas memiliki keunikan memiliki keberadaan mercusuar yang usianya tergolong sangat tua. Namun hingga kini, mercusuar tersebut masih aktif. Mercusuar tersebut adalah peninggalan dari penjajahan Belanda yang dibangun pada tahun 1882. Pesona yang dimiliki dari Pulau Lengkaung sangat memikat dengan hamparan laut biru yang jernih dengan kumpulan bebatuan granit yang mempesona. Walaupun memiliki luas kurang dari 1 hektar. Namun Pulau Lengkuas memiliki panorama laut yang memikat. Untuk tempat terbaik menikmati keindahan tersebut adalah dengan menaiki mercusuar setinggi 50 meter tersebut.

8. Pantai Tanjung Kelayang

Pantai Tanjung Kelayang adalah pantai yang terletak sekitar 27 km dari pusat kota Tanjungpandan. Menurut wisatawan domestik dan internasional, tempat wisata di Bangka Belitung tersebut adalah salah satu tempat wisata di Bangka Belitung yang populer. Dengan bebatuan granit yang menawan menjadikan pesona dari keindahan panorama pantai Tanjung Kelayang tersebut bernilai jual panorama yang tinggi dan berkelas internasional. Di pantai ini ada berbagai penyelenggaraan event maritim internasional yang salah satunya adalah event mengenai Sail Wakatobi – Belitong.

9. Pantai Tanjung Pesona

Tempat wisata yang kesembilan adalah Pantai Tanjung Pesona yang menjadi salah satu tempat wisata di Bangka Belitung yang favorit bagi masyarakat di Bangka. Jalur yang bisa anda tempuh adalah dari Sungailiat waktu sekitar 15 menit. Namun jika dari Pangkalpinang memakan waktu 45 hanya menit. Pantai Tanjung Pesona tersebut terletak di Desa Rambak, Sungailiat yang mempunyai wahana permainan yang seru dan aman. Tentunya hal tersebut sangat menyenangkan khususnya untuk anak-anak anda. OLeh karena itu tak jarang, Pantai Tanjung Pesona menjadi salah satu tempat wisata di Bangka Belitung yang popular sebagai tempat wisata terbaik untuk keluarga di Bangka.

10. Pantai Tanjung Tinggi


Pantai Tanjung Tinggi adalah pantai di Belitung yang memiliki karakteristik pantai yang menawan dan cukup popular. Jika anda mengingat salah satu adegan dari Laskar Pelangi maka itu adalah Pantai Tanjung Tinggi yang sekarang terkenal karena film tersebut. Tempat wisata di Bangka Belitung tersebut  berada pada 30 km dari pusat kota Tanjungpandan. Pantai tersebut terkenal karena kelengkapan akomodasinya yang sangat mudah ditemui disana.
10 Tempat Wisata Terindah Di Bangka Belitung 10 Tempat Wisata Terindah Di Bangka Belitung Reviewed by Unknown on 22.43 Rating: 5